6.19.2009

Gadis Ayam Ras Dan Bintang

DARI BUKAN APA-APA MENJADI SESUATU

........

DARI BUKAN SIAPA-SIAPA MENJADI

SESEORANG

“Di saat waktu berhenti,kosong.....dimensi membutakan mata memekakan telinga,lalu diri menjadi hampa....saat paradigma dunia tak lagi di gunakan untuk menerka,sadarku akan hadirmu...mematahkan sendi-sendi yang biasanya tegak berdiri”.

merenungi luar jendela mengagumi kebesaran yang maha esa kumenilai kehidupan dari sudut berbeda tak memadai hanya kecapi rasa selesa amukan harta yang bisa beli satu semesta,berpesta,kepagi botol bergelimpangan,kekasih muda bukan takkan berpegang tangan,harta dan jamuan nafsu tidak berkekalan bila menjelang tua bukan itu jadi pegangan,dan jangan pusing ini bisa lepas sempurna,buka bebuka Cuma betuli diri jua,ingin hidup sempurna,aset nilai berjuta,saling tukar wanita,senyum dan mati tua.Maka di karunia jangan di salah guna,jangan kufur nikmat yang di beri percuma,guna kelebihan untuk hikmah bersama,jagalah nama,hidup penuh rintangan kau harus menghadapinya.

Ada berisi,ada yang kurus,ada melencong,ada yang lurus,bukan semuanya tulus,ada sempurna ada kurang upaya,ada yang jadi buta hanya bila sudah kaya sebesar rumah bermula dengan sekecil bata,boleh hilang dalam sekelip mata,ucaplah alhamdulillah,bukanya suka, semaya kaya atau besar tetap allahu akbar,

Jadikanlah tentara fisabilillah,yang tertera di kalimat harap memandu illah,tidak apa bila,persimpangan tiba,hidup penuh dengan rintangan harus kuhadapinya,harap kutidak lupa diri bila gembira,dan Cuma pula mencari kau di saat hiba,ku Cuma manusia penuh dengan kekhilafan tapi bisa membedakan cahaya dan kegelapan.Apabila di halangkan duri onak dan cobaan,dan kau bila di cobakan keruh kuasanya perempuan,oh...tidak selegar di cinta,dikejar dan di minta,dari zaman bermula hingga ke akhirnya.

Kumengerti siapaku tanpamu di sisi,dan apa guna posisi juga posisi,sementara ini Cuma hanya puisi,nukilan cerita dan bisikan isi hati,mencari keterangan,menjiwai peranan,menepati pesanan,janji,juga saranan,alhamdulillah atas kurnia and rejeki....smoga tidak lengah dalam perjalanan ini.

yaa Ruhhi.....Yaa Allah.....

Aku yang memandang di dalam lubuk hati,mencari-cari rahasia yang katanya tersembunyi,aku yang melihat,alam meliputi,wujud menyertai,lalu kupindahkan alam ke dalam mata hati,aku hakiki,aku mengerti,sgala yang terjadi di langit dan di bumi.Dunia yang tak ada fantasi,pelik dan penat,hadang dan kadat,kau berilah aku kekuatan agar dapat kuhindarkan segala kesesatan,usah kau biarkan nafsuku terliur dari pandangan majasi ini,aku yang bodoh lagi hina,amat benar melindungi,moga cahaya lelahku tak membutakan mataku,moga segala puji tak ku meninggi diri,moga segala janji dapat juga ku penuhi,moga dapat ku hadang tikaman dari belakang,lidah setajam pisau,ku tidak akan risau,dengan dugaan samaran,sepanjang perjalanan,ku pasrah,ku akur,tujuh lapan enam alhamdulillah syukur!!!!

“sujudku pun tak akan memuaskan inginku tuk haturkan sembah sedalam kalbu,adapun sembah dan syukur padamu ya allah,untuk nama,harta,dan keluarga yang mencinta,dan perjalanan yang sejauh ini tertempa,alhamdulillah,pilihan dan kesempatan yang membuat hamba mengerti lebih baik tentang makna diri,semua lebih berarti apabila di hayati...alhamdilillah.... alhamdilillah.... alhamdilillah....”

Sebesar rumah bermula dari sekecil bata,mungkin anda adalah seseorang yang hidup dengan bergelimang harta,atau paling tidak....berada dalam keaDaan yang serba berkecukupan semenjak anda di lahirkan di dunia ini.Mungkin anda termasuk orang yang sukses dan hidup di rumah yang seperti istana......tapi ada satu hal yang MUNGKIN anda lupakan.....bahwa istana aleksander agung dan raja sulaiman adalah lebih besar dari milik anda.

Tidakah anda sadar,apabila sebagian harta yang anda miliki itu ada hak orang miskin di dalamnya.Atau bahkan anda tidak punya hak sama sekali atas segala kelebihan anda,karena,milik anda adalah milik orang tua anda.Bukan hasil keringat anda sendiri.

Suatu saat saya pernah bertemu dengan seorang gadis cantik...sungguh sangat mempesona dan membuat hati saya berdebar,semua yang ada pada dirinya nyaris sempurna,tapi ternyata dari kecantikan yang sempurna itu ada satu celah yang membuat dia tidak cantik lagi di mata saya,saat itu dia di goda nenek yang bertahun-tahun tidak di temuinya,nenek itu menunjuk sebuah mobil yang lewat di depan rumah,kemudian berkata “nduk....bapak suruh beli mobil seperti itu....baghus banget...” lalu si gadis cantik ini berkata dengan ekspresi mencela / mencibir “SUDAH PERNAH MBAH!!!!”,terlihat congkak dan pongah...entah apa yang di fikirkan olehnya,mencoba membuat orang lain kagum ataukah hanya spontanitas,tapi semua itu tetaplah merupakan cerminan dari hati si gadis tadi yang sombong dan congkak.

Hal itu tepat terjadi di depan mata saya,hingga sempat saya berfikir jika saya punya anak nanti..kalau sampai berkata seperti itu pada neneknya....akan saya bunuh sekalipun dia darah daging saya sendiri.

Saudaraku.....mungkin beberapa saat kita merasa lebih...lebih...dan lebih di bandingkan orang lain.Namun kita lupa bahwa apa yang kita miliki bisa saja hilang sewaktu-waktu tanpa kita bisa memprediksikanya seperti dalam dunia bisnis.HIDUP BUKANLAH BISNIS YANG ADA UNTUNG RUGINYA.HIDUP ADALAH BELAJAR MERANGKAK,BELAJAR BERDIRI,JATUH,BERDIRI LAGI,BERLARI DAN TERBANG.

Sebuah pepatah bijak mengatakan sesuatu yang di dapat dengan mudah...maka akan hilang dengan mudah pula.Sebaliknya...sesuatu yang sulit di dapatkan..maka akan sulit pula orang mengambilnya dari tangan kita.

Coba anda renungkan

Matahari.....adalah sebuah bintang terbesar di tata surya kita....teori terdahulu mengatakan Matahari adalah pusat dari tata surya ,dan tata surya kita adalah bagian dari sekumpulan tata surya lain di dalam galaksi bimasakti.Namun pada perkembanganya muncul lagi teori baru yang ternyata mengatakan bahwa matahari adalah pusat dari galaksi bimasakti...

Begitu kuatkah matahari?

Tahukah anda dari mana bintang itu berasal?pada awalnya.....matahari hanyalah sekumpulan kabut berisi gas dan debu yang memadat dan terbentuk selama miliaran tahun.Dari keteguhan dan kekuatanya untuk berusaha dan bertapa,dalam waktu yang tidak sedikit...akhirnya sekumpulan gas dan debu tersebut menjadi bintang terhebat dan terkuat di seluruh galaksi.

Mungkin seperti itulah gambaran dari kehidupan manusia,akan abadi dan selalu konsisten bila kita memperjuangkan sebelum menikmati......

Gadis yang saya ceritakan tadi justru malah sebaliknya,dia menikmati sebelum memperjuangkan,dia tidak akan seperti matahari........tapi dia akan menjadi seperti ayam ras, kita semua tau,pertumbuhan ayam itu sangat cepat....begitu menetas dari telur....dia akan bisa berlari dan melompat-lompat...ia pun bisa besar dan dewasa hanya dalam waktu empat puluh hari...berbeda dengan ayam kampung yang butuh berbulan-bulan untuk menjadi dewasa.40 hari adalah zaman-zaman keemasan bagi ayam ras...ia begitu cepat merasakan berlari,mengepakan sayap dengan gagahnya,petok-petok dengan lincahnya.......namun...apa yang terjadi padanya di hari ke empat puluh satu?Ayam itu berubah nama menjadi Opor atau Gulai.........lantas dimanakah kokok dan kepakan sayapnya tadi?MUSNAH!!!!

Jadilah seperti matahari dan semua planet beserta bintang di seluruh alam semesta ini...yang tadinya bukan apa-apa....menjadi sesuatu,yang tadinya bukan siapa-siapa menjadi seseorang.Setelah anda menjadi planet yang sempurna...carilah orbit yang tepat di mana nantinya anda akan berputar,menghasilkan siang-malam,pergantian musim dan tanda penanggalan tahun.

KUPU-KUPU TAK AKAN BISA TERBANG SEBELUM IA MENJADI ULAT DAN PUPA.







3 komentar temen:

enigma mengatakan...

namanya serem amat. "ruang kremasi". kayaknya lebih cocok "ruang renungan". ini kunjungan balasan dariku. terima kasih sudah maen ke blog saya.

enigma mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
enigma mengatakan...

memang saya sudah baca tentang harut dan marut. saya hanya tahu lokasi sumurnya ada di Irak sekarang, soal lokasi tepatnya saya masih belum nemu.