1.09.2010

Kemiskinan

Photobucket
DjarumBlack Blog Competition
Hari ini seperti biasa tema black in news akan mencari peluang-peluang kecil yang bisa di jadikan souvenir from the 20 th centuries....dan sasaran kali ini adalah kemiskinan, Mungkin ini adalah artikel paling pendek yang pernah saya buat, tapi semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari apa yang saya tulis ini, sebuah tulisan dari orang yang tidak punya bakat menulis namun mampu mengupdate blog dengan artikel yang bukan sekedar bahan curhat atau ngaco.


Miskin adalah salah satu kata yang erat kaitanya dengn negara kita, miskin adalah salah satu kata dalam bahasa indonesia yang secara bodoh bisa di artikan "tidak kaya". Sejak jaman revolusi amerika yang mengarah pada revolusi industri di eropa dan membawa masa imperialisme yang menyeret bangsa kita selama 350 tahun lebih juga menciptakan kemiskinan sebagai top rangking dalam buku-buku sejarah anak SD.

Saat ini, kemiskinan selalu menjadi topik utama dalam berita di surat kabar maupun televisi. Coba kita renungkan apa sebab musabab kejahatan? pasti sebagian besar karena himpitan ekonomi, hutang, PHK dan lain sebagainya. Apa pula sebab awal pembunuhan? sebagian besar karena masalah ekonomi : Perampokan sadis di sebabkan sang pelaku terlilit hutang, pelacuran berbuntut pembunuhan-masalah awalnya-pasti karena ekonomi yang sulit. Bahkan untuk penjahat kelas tinggi seperti korupsi - tujuan utama-nya adalah "ketakutan akan kemiskinan".

Lantas aksi anarkis menentang kebijakan pemerintah, separatisme, terorisme berkedok agama -latar belakangnya- tak mungkin luput dari keinginan untuk kehidupan yang lebih baik dan keinginan untuk meraih kemakmuran. Ternyata kata "miskin" adalah masalah yang begitu rumit bagaikan putaran makrokosmos di sebuah galaksi. Tiap elemen, tiap atmosphere, tiap objek dan tiap satuan energi yang berputar akan berperan penting dalam kelangsungan hidup sebuah galaksi. Bahkan supernova atau ledakan planet akan mempengaruhi ekosistem sebuah planet lain yang jaraknya sangat jauh. Hal ini bisa di ibaratkan ledakan kemiskinan yang akan menyebabkan revolusi sosial yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi negara-negara di dunia.

atas perananya menjadi ikon dan bumbu dalam setiap kehidupan makhluk maka kemiskinan merupakan salah satu dari "Souvenir from the 20th centuries".

36 komentar temen:

reni mengatakan...

Kemiskinan adalah masalah mendasar yang belum mampu terpecahkan di negeri kita tercinta...

the international times mengatakan...

tidak ada satu negarapun dalam memulai pemerintahan pertama kali itu langsung kaya,smua berawal dr miskin(tak punya apa2) termasuk jepang,amerika,china..DLL.

tapi kenapa negara lain bisa maju pesat meninggalkan kemiskinan,padahal sumber daya alam mereka sangat minim.jawabannya tak lain adalah pemerintah mereka serius dlm menjalankan roda pemerintahan,tdk ada pejabat yg bertele2.

contoh yg tdk jauh,yaitu china yg komunis,semasa tahun 80-90an china ekonominya tertinggal jauh dari kita indonesia,tapi sekarang berubah menjadi raksasa ekonomi dgn cadangan devisa terbesar didunia mengalahkan amerika dan jepang beserta kawasan eropa. kenapa china berhasil??...cari sendiri infonya dan mulai berpikir secara logis,mungkin itu bisa menjadi inspirasi buat kita (inspirasi yg posisitifnya) ^_^

Ivan Kavalera mengatakan...

Ya, kata "miskin" adalah masalah yang begitu rumit. Sama rumitnya kasus Century.

Bahauddin Amyasi mengatakan...

Sangat rumit memang ketika kita berbicara masalah kesmiskinan. Ada banyak variabel yang silang sengkarut. Sampai saat ini saya belum bisa menerima secara penuh bahwa kemiskinan adalah "penyebab" dari segala bentuk kejahatan, yang tentunya meletakkan term "miskin" hanya sebagai sebab.

Kadang saya malah mengajukan satu hipotesa; bahwa kemiskinan adalah "akibat" alias konsekuensi logis dari karakteristik sistem yang sedang berjalan.

Salam...

Aditya's Blogsphere mengatakan...

???kemiskinan telah ada sjak masa majapahit atau bhkn zaman rasul,bahkan sebelum ada sistem,yg sebutlah dgn jujur,federal,demokrasi,liberal,kapitalis atau apapun,kemiskinan telah ada,jadi kemiskinan+pengangguran adalah sebagian sebab dari hancurnya sistem,bila kemakmuran mencapai standart plg tdk income per kapita stabil,tak kn ada kehancuran sistem,atau stdknya bisa di minimalisir,adanya kata 'neo liberal'tak lain adalah wujud kekecewaan dari kaum miskin,andai saja mereka tercukupi,tk akan ada anarkhi dan separatis yg bisa merusak sistem!

Aditya's Blogsphere mengatakan...

Anarkhi di sini bukan tindak ugal2an yg kasar,tp lebih pada gerakan yg terkesan anti pemerintah,mengkritik segala kebijakanya,dan berlagak berjuang utk rakyat,berlagak golput dgn alasan tak mau ikut 'raja lalim' padahal mereka semua tk lebih hanya lawan politik yg kalah,andai mereka dulu menang,blm tntu mrk jg bersih,krn merah,kuning,hijau ny cat politik dasarnya adalah sama,canvas hitam....dulunya canvas itu putih tapi krn bnyk noda,maka di buat hitam agar tersamar,h h h

Clara mengatakan...

kapan ya indonesia jauh dari kemiskinan? hehehehhehe...

sda mengatakan...

bingung ngomentarin masalah yang satu ini

narti mengatakan...

bukan hal mudah mengatasi masalah kemiskinan di negeri tercinta, dan saling berkaitan satu sama lainnya.

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Indonesia hari ini adalah suatu bangsa yang sedang diselimuti dengan beberapa kasus yang begitu kompleks. Ketika kita mencoba menengok kepada undang-undang Negara kita, sudah sangat jelas bahwa negara kita menjamin kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kenyataan tak semudah harapan, tapi bukan mencari kesalahan hanya bagaimana caranya kita bersama menuntaskan masalah yang ibaratnya seperti benang kusut itu.

Si Gaptek mengatakan...

Postingan yang menarik sobat.

Joddie mengatakan...

hufff.. sebuah realita yang tidak mungkin lepas dari kehidupan Indonesia.. setidaknya untuk saat ini.. :(

insanitis37 mengatakan...

kemiskinan adalah bagian dari sejarah hidup manusia..selama masih ada manusia dan masyarakat, selama itu pula kemiskinan akan tetap ada...

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

serba salah menangi yang namanya kemiskinan di negeri ini... karen akan banyak prang yang akan kena permasalahanya

7 taman langit mengatakan...

salam sejahtera
kunjungan balik
kemiskinan merupakan simbol kegagalan pemimpin dalam mensejahterakan rakyatnya
tulisan yang mantap dengan gambar yang mengdukung

minomino mengatakan...

testing testing testing!
wooooww....akhirnya bisa masuk :)
gimana caranya?
hebat ya...kalo saya udah nangis darah mungkin ngadepinnya :p

oke oke, kembali ke topik...
miskin...
miskin itu walau gimana pun tidak akan hilang toh...karena dia selalu bersanding dengan si kaya :) karena miskin itu bukan hanya masalah materi...

skripsi???
yah...im on my way :)

Grace mengatakan...

Thanks for the visit. You got a cool site here. hope to see you again at my page. TC

Aditya's Blogsphere mengatakan...

@ grace...thanks grace......i'm glad you visit here...i will visit u back....n im sorry i dont have an english content

Grace mengatakan...

Hi, thanks for letting me know about my comment page. I am done revising it but I'm not sure if it's working already. Would you mind to try posting a comment in my post and let me know how it goes. Thanks!

Sismadi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
de asmara mengatakan...

bagaimana dengan mereka yg sudah kaya raya itu mas? kenapa masih tetap ingin merampok juga? merampok dari yg miskin pula... :'(

anyin mengatakan...

sebelumnya dapet pesen dari mbak gek.. isinya

@ Adit : aku ndak bisa komen di blogmu.. kebanyakan variasinya, berkali2 gagal, padahal aku baca terus..


gituh..mungkin mas adit mending pake jendela munculan ajah.. nih aku reload 4kali baru bisa muncul kotak komen sama beri komentar sebagainya.. maklum lemot.

kedua, duh.. aku juga sering posting ngga penting dan ngaco mas.. hahahha keseringan curhat ketimbang posting ginian..

kemiskinan, juga berarti kemiskinan yang lain kan? miskin moral misalnya...?

RifkyMedia™ mengatakan...

Negara yg hebat adalah negara yg cepat bangkit dari kemiskinan...

Zippy mengatakan...

Miskin itu bagian dari bangsa ini.
Gak hanya miskin dari segi keuangan, kini hati pun ikutan miskin...

JR mengatakan...

hi...my friends
wow this is great writing, I have not read that as good as this. and I agree with very good writing. keep on blogging my friends.

wakh maaf nih baru bisa mampir mas......linknya akan aku pasang mas

yanuar catur rastafara mengatakan...

wah, miskin??
kita semua masih miskin kayaknya
entah itu miskin yang gimana yah, aku sendiri ngerasa gitu soalnya
hehehehe

miwwa mengatakan...

waduh kajiannya berat. :(

miwwa mengatakan...

maaf baru sempat mampir lagi mas, banyak postingan baru ya. saya susah mau nge-blog sekarang, koneksi inet dirumah lagi kacau.

soal miskin2an lagi, orang miskin merampok untuk mempertahankan hidup mas, kalo orang kaya? merampok untuk mempertahankan apa? gengsi? walau mengorbankan harga diri? #halah #ngawur

kesehaRian Ra-Kun mengatakan...

kemiskinan itu,
penyakit akut yang tak pasti kapan bisa sembuhnya.
trus, apa upaya kita untuk meringankan sakitnya?

Lina mengatakan...

Negara kita sebenarnya dilimpahi kekayaan sumberdaya alam yang banyak. tapi kita belum pandai dan bijak dalam mengolahnya. jadi belum bisa digunakan untuk mengatasi problem kemiskinan itu.
setuju, masalah kemiskinan bisa menimbulkan berbagai problem sosial lainnya

Aditya's Blogsphere mengatakan...

@miaw n all,ORANG KAYA MENCURI HAK RAKYAT KARENA SERAKAH DAN TAKUT DI DERA 'KEMISKINAN' BENER GA?

Fais cWaKep mengatakan...

bLom update ya zob..,

Saung Web mengatakan...

Itulah wajah negeri kita ya.. but kemiskinan sekarang hanya jadi komoditi para politisi yang katanya cinta wong cilik..
oh ya tukar link mya yu...

ninneta mengatakan...

aku setuju sekali.... dan sepertinya kemiskinan sih masih jauh dari berhasil untuk diberantas.... hehehehe....

dit, waktu itu bb ku rusak, jadi aku nggak bisa bales...

Cerita Tugu mengatakan...

mungkin karna kemiskinan orang mudah diprofokasi untuk berbuat yang tidak baik

mazwhyn lare ndusun mengatakan...

lam kenal boz, q nak krajan mazwhyn.blogspot.com