1.09.2010

Mesin Ketik

Photobucket
DjarumBlack Blog Competition
Setelah kita membahas bayak hal kecil yang suatu hari nanti menjadi maha karya atau oleh-oleh bila sang waktu bisa mencapai angka tahun di abad berikutnya....kini Black in News akan melanjutkan misi untuk mencari nominasi baru, salah satunya mesin ketik.......
Jaman dahulu kala, mesin ketik adalah sarana satu-satunya untuk membuat tulisan cetak...baik itu untuk kepentigan surat kabar, surat tugas dan buku...banyak sekali instansi dan penerbit yang masih menggunakan jasa mesin ketik pada waktu itu.
Kita lihat, Naskah asli "Proklamasi" milik indonesia......setelah naskah tersebut selesai di buat oleh Ir.soekarno dan Moh.hatta...Seorang tokoh bernama sayuti melik kemudian mengetik naskah tersebut untuk kemudian di baca saat upacara proklamasi kemerdekaan.

Begitu besar jasa mesin ini dalam mencetak sejarah.....namun posisinya telah tergeser oleh beberapa cucu dan cucu keponakanya....
Bukan...
Bukan komputer yang saya maksud...karena fungsi komputer tidak hanya untuk mengetik saja....tapi saya lebih mengedepankan software, karena dari aplikasi software itulah tulisan-tulisan kita di cetak menjadi sebuah print out (hasil akhir yang HAMPIR sama dengan penggunaan mesin ketik)
Cucu pertama dari mesin ketik adalah Microsoft Word (doc/docx): Sebuah aplikasi satu paket milik microsoft yang sering sekali di gunakan, Microsoft word memiliki beberapa saudara kandung (untuk versi 2007) yaitu Ms.Acces, Ms.Excel, Ms.Infopath, Ms.Publisher, Ms.Groove, Ms.OneNote, Ms.Outlook dan Ms.PowerPoint.
KemudianWordpad (rich teks format) : Aplikasi ini sering di pakai oleh pembuat naskah novel dan lain-lain untuk menulis konsep, wordpad sangat ringan, di lengkapi pengaturan font (size,color,style,dll), pengaturan bullet and numbering,paragraf dan tabulasi. Hanya saja wordpad tidak bisa meng-insert Image sebebas Ms.word, hanya objek-objek tertentu saja yang bisa kita masukan kedalam dokumen.
Berikutnya adalah cucu terkecilnya si notepad (txt) : Notepad adalah aplikasi unique, pengaturan font nya hanya sebatas jenis font,style, dan size...itupun akan menjadi default alias setting berfungsi untuk seluruh isi dokumen.....bukan teks tertentu yang bisa kita ubah ukuran dan style nya seperti di Ms.Word dan wordpad. Kelebihanya adalah...notepad memiliki encoding untuk penyimpanan filenya, baik itu ANSI,Unicode,Unicode big endian dan UTF-8, endcoding ini memiliki fungsi tertentu dalam dunia pemrograman, yang tidak bisa di bahas di sini. Kita tidak hanya bisa menulis teks untuk di jadikan print out...tapi kita bisa membuat berbagai jenis file seperti Php,Html,VBS dan lain sebagainya melalui notepad tanpa harus memakai aplikasi pendukungnya (Frontpage,dreamweaver,VB dll).
Satu lagi yang ini milik Linux tapi bisa di install di windows, Open office.org : Aplikasi ini sangat mirip dengan Ms.Word, semua fasilitasnya sebagian besar mirip dan kita di jamin tidak akan kebingungan bila suatu hari nanti memakai open office.org. Bila ingin mendownload Aplikasi ini saya akan menyiapkan linknya, berikut akan mengupload beberapa software seperti Macromedia Dreamweaver 8 dan Adobe acrobat pro 6.0. Tunggu aja.
Meskipun kini mesin ketik menjadi barang langka dan sedikit tersingkirkan, tapi pantaslah ia di jadikan Souvenir from the 20th centuries.

12 komentar temen:

Aditya's Blogsphere mengatakan...

maaf blm bisa bewe,silahkan tinggalkan komentar dn saya akan segera membalas kunjunganya,trims

Dees mengatakan...

hehehheheeh ditempat kuliah saya mesin ketik masih sangat dibutuhkan mas untuk membuat laporan,,,kadang saya heran di era yang semodern ini laporan praktikum masih ada yang diketik pakai mesin ketik hehehehehehehehe

Clara mengatakan...

wah jaman saya ga pernah pake mesin tik
tapi kakek saya dulu punya
suka mainin
tapi ga suka pake mesin tik karena kalo salah ga bisa di apus semudah di komputer hehehehe

Insanitis37 mengatakan...

yg khas dari mesin ketik itu yaitu suaranya lo,,,identik sekali dengan interogasi polisi, hehehe

ocheholic mengatakan...

#Dees: kekekkeke,,jadi inget jaman kuliah. tetangga kamar kost jetak jetuk bikin laporan pake mesin ketik. si saya tangan gempor nulisnya pake tangan :))

Newsoul mengatakan...

Info mantap. Zaman berganti, kemajuan teknologi begitu pesat ya.

jhonson wijaya mengatakan...

sudah lama tidak mendengar suara khas dari mesin tik...aku bisa pintar mengetik sepuluh jari itu berawal dari mesin tik yg sederhana itu,bukan dari komputer :)

anyin mengatakan...

horeee... tau cucu-cucunya mesin ketik deh sekarang....

Cerita Tugu mengatakan...

tapi pada saat tertentu kita masih membutuhkan mesin ketik untuk menulis

rio2000 mengatakan...

saya paling suka software sejenis notepad... ringan kalo di linux aplikasi ini nama softawrenya "gedit"

aku sudah balas ke Mail yahoo kamu tapi 2 hari ga ada respon (dari gmail di bilang not sent) kalo mau main paid reviews ada banyak sekali, saya belum coba tapi saya sudah daftar "sponsoredreviews" dan diterima

hosting profesional indonesia yang murah mengatakan...

dulu jaman sekolah saya praktikum bawa mesin tik... berat... :)

redDe mengatakan...

sampai sekarangpun saya masih pakai mesin ketik buat praktikum...
wajib pula tuh,hehe...