1.09.2010

Membuat Form Popup dan Hiperlink


Gambar ini adalah ikon FB saya whoooooeeeyyyy....

Ah biarin daripada ga ada gambarnya wkwkwkwkwk.......nyaman sekali rasanya menulis tutorial, kembali lagi saya mempostingkan beberapa artikel sekaligus untuk memenuhi target keyword tutorial blog. Membuat halaman pop up ini memang saya dapet dari blog mas imam 77 berupa form submit yang akan membawa seseorang menuju sebuah halaman pop up windows bila di klik namun saya akan sedikit memodifikasi HTML/Scriptnya agar form submit tersebut tidak hanya bisa di pakai untuk pup op windows tapi juga _blank page. Berikut script kode nya :
<form onsubmit="window.open('http://URL.tujuan.com/','popupwindow','scrollbars=yes, width=250,height=250');return true"><input type="submit" value="Kata di tombol"></form>
Nah untuk merubahnya menjadi target blank seperti pada hiperlink biasa kita modifikasi menjadi seperti berikut (btw yang ini hasil belajar saya sendiri loh...maaf ya...bukan maksud pamer tapi kan kita ga boleh kopas ya toh...klo ada yang punya kode sama...maaf bgt cuma kebetulan aja lho.....):

<form onsubmit="window.open('http://URL.tujuan.com/','_blank');return true"><input type="submit" value="Kata di tombol"></form>

Ket :
scrollbars=yes/no adalah ada tidaknya scroll bar di halaman windows tujuan...ituloh yang bisa naik turun si sebelah kanan.
width=250,height=250 adalah tinggi dan lebar dari halaman tujuan

Mudah kan? bedanya dengan link teks biasa adalah alamat URL tujuan tidak bisa di baca sebelum mengklik tombolnya sehingga menimbulkan rasa penasaran oleh pembaca, oh ya ada lagi kata return true itu artinya bila form di klik dan membuka halaman tujuan maka halaman asal akan mereload secara otomatis, bila anda tidak ingin itu terjadi maka tinggal di ubah menjadi return false.
Happy blooging.
(artikel ini asli buatan saya dan script modifikasi saya,bila ada kesamaan judul maupun isi pasti bukan saya yang njiplak, toh sumber darimana script ini awalnya saya dapatkan juga udah saya cantumkan kok hehe )

2 komentar temen:

Ivan Kavalera mengatakan...

Mantap nih tutorialnya. Makasih ya mas infonya.

abdulloh mengatakan...

luar biasa boos blognya bagi2 doonk ilmunya?????....