1.08.2010

Pengangguran oh malangnya.....

Photobucket
DjarumBlack Blog Competition

Pengangguran yang semakin banyak membuat peringkat kemiskinan di Indonesia tak pernah turun…..justru semakin naik dan naik sepanjang waktu jikalau turun hanyalah seberapa persen saja, tidak begitu baik. Black in news akan membawa kita merenungi sedikit fenomena yang terjadi seputar dunia pengangguran tersebut. Setelah Promotor kita “Djarum Black” menjadi salah satu souvenir abad 21 pada posting sebelumnya, maka mari kita bahas tentang nominasi lain yang tak kalah hebatnya “ Pengangguran dan bursa kerja”




Dari sini bisa kita lihat betapa angka pengangguran di Indonesia begitu besar, pertumbuhan penduduk yang begitu pesat tidak di barengi dengan pertumbuhan ekonomi yang memadahi sehingga muncul masalah yang berdampak luas di sekitar kita. Saat ini keberadaan bursa kerja memang sangat aktif dan di minati oleh kalangan seperti saya ini, kalangan pengangguran banyak acara.
Banyak sekali model dan tipe yang di sodorkan sebagai strategi bisnis, mulai dari obsorbsing, pelatihan (LPK) yang kemudian di salurkan di dunia kerja, secara online sampai pada makelar-makelar tenaga kerja yang dalam kasus-kasus tertentu beralih fungsi menjadi perdagangan manusia.
Inilah ironi … inilah realitas …..
Saat saya surfing menggunakan firefox versi 3.5.5 dan search engine terbesar partner firefox yaitu google co.id saya menemukan banyak sekali situs-situs penyedia lowongan pekerjaan, baik di dalam maupun luar negeri. Namun banyak sekali oknum-oknum tertentu yang memanfaatkanya sebagai lahan penyedot traffic.
Coba anda searching di google dengan keyword “lowongan kerja” maka kebanyakan yang keluar adalah situs-situs portal yang masih harus membawa kita menuju link-link situs lain, usaha kita membuka situs tersebut serasa percuma, sungguh jengkel bila kita menemukan situs iklan baris yang isinya sama sekali tidak berhubungan dengan lowongan kerja.
Belum lagi situs-situs penyedia bisnis internet yang menggunakan keyword palsu (lowongan kerja) dalam melancarklan aksinya menarik pengunjung. Bisnis internet seperti software penarik uang atau software penyedot uang yang katanya bisa menghasilkan puluhan juta dalam sehari atau sebulan, itu BUKANLAH LOWONGAN KERJA, dan bukan itu yang di cari oleh para pencari kerja. Nampaknya sandbox eyang google harus memberikan sanksi tegas untuk situs-situs semacam ini.
Selain itu keberadaan aktifitas sistem obsorbsing yang di rasa merugikan kaum buruh, juga menjadikan masalah pengangguran semakin menyakitkan, kita di hadapkan oleh dua pilihan yang sulit : Menjadi ayam bertelur emas ataukah menjadi pengangguran. (aspirasi ini dikatakan oleh sahabat-sahabat saya yang tahun baru kemarin pulang, mereka adalah buruh pabrik dari sistem obsorbsing). Tingkat kejahatan yang mengiringi keberadaan pengangguran juga memberikan kesan tersendiri yang menambah kesempurnaan cobaan pada umat.
Dia membunuh dan merampok karena Anaknya di rumah belum membayar SPP, istrinya belum di kasih uang belanja dan ibunya sedang sakit (dia adalah pengangguran lulusan SMP, tidak ada perusahaan dan instansi yang peduli pada nasibnya…memang siapa sih dia?)
Dia seorang pencopet karena dia putus sekolah dan tiada tempat yang mau menerimanya bekerja (dia juga sorang pengangguran)
Dia seorang penjahat kelas kakap, seorang Bandar narkoba terbesar di asia tenggara dan DPO Interpol karena dulu tiada satupun perusahaan yang mau memberikan pekerjaan halal padanya padahal dia sedang terjepit masalah hutang (waktu itu dia pengangguran)
Dia seorang kaya raya, tapi dia sombong dan angkuh, ternyata dia pelaku pesugihan karena tadinya dia seorang miskin yang selalu di tindas dan di caci-maki, tanpa ada seorangpun yang peduli dan mau memberinya pekerjaan. (waktu itu dia adalah pengangguran korban PHK dengan 5 anak dan seorang istri yang sedang sakit keras, hutangnya pun menumpuk.)
Dia seorang teroris internasional yang menjadi buron, dia membunuh banyak orang dengan Bom molotof dan senjata api rakitan (dia putus asa karena lapak dagangan usaha kecilnya di razia Sat Pol PP dan menjadi pengangguran).
Moral-Agama-Hati Nurani-Lenyap!!!
Mungkinkah kejadian di atas ada di dunia ini? BANYAK!!!BANYAK SEKALI….SAMPAI TAK TERHITUNG JUMLAH PASTINYA…DATA STATISTIK??? BUKAN PATOKAN PASTI KARENA HANYA UPDATE SETAHUN SEKALI…SEDANGKAN HIDUP KITA TERJADI 24 JAM SEHARI 30 HARI SEBULAN DAN 365 HARI SETAHUN. Harusnya pemerintah lebih memperhatikan masalah pengangguran di bandingkan hewan reptile atau pembangunan apartemen mewah.
Atas kreasinya menjadi kontroversi dan menambah daftar panjang problematika sosial maka “Pengangguran” cukup unik untuk di nobatkan menjadi salah satu “souvenir from the century”.



22 komentar temen:

Ivan Kavalera mengatakan...

Bagaimana jik para penganggur di Indonesia diajak saja berbisnis online di internet. Tapi diajarin dulu bikin blog. Ok gak ya.

bepi mengatakan...

iya neh menyebalkan banget situs2 itu...

Insanitis37 mengatakan...

pengangguran memang jd masalah pelik di semua negara berkembang...maka pemecahannya pun harus "keroyokan" tak bisa satu elemen saja.
Saya sepakat bahwa keinginan interprenership memang jd alternatif yg cukup signifikan untuk mengurangi angka pengangguran. Good post

Laksamana Embun mengatakan...

Kang. Laksamana Embun update tentang jaringan sekrang.. Slhkan check

Miracle Of Moslem mengatakan...

@ ivan kavalra.....masalahnya sekarang aq juga nganggur bang hehe ...adit

Insanitis37 mengatakan...

kemaren2 sih iya sob..tp sekarang kayanbya udah aga mendingan deh..napa, emang yg laen ada yg komplian y??hehe

Newsoul mengatakan...

Tingginya angka penggangguran itu pe-er kita ya. Pemecahannya memang harus holistik. Ya kan dit.

Clara mengatakan...

saya sebagai salah satu pengangguran di indo, juga sebel sama situs itu
bikin saya lieur kalo mau cari lowongan

ichaelmago mengatakan...

bagus postingannya.

ya, situs2 semacam itu harusnya dibanned aja sekalian -_- orang2 awam jadi sering yang tertipu. kasian kan..

yanuar catur rastafara mengatakan...

pengangguran...
ehmmm
bikin lapangan kerja apa yah enaknya?
hehehehe

7 taman langit mengatakan...

Saya juga lagi menganggur sekarang bang nasib oh nasib

NURA mengatakan...

salam sobat
keadaan sih ya,,yang menjadikan seperti itu,,ya kesulitan ekonomi,banyaknya PHK dll.
semoga tahun ini semuanya diberikan kenyamanan dan ketentraman.

Kang Sugeng mengatakan...

Jangan cuma menunggu datangnya lowongan kerja tapi bagaimana supaya kita justru yg menciptakan lapangan kerja itu sendiri

SMP Negeri 4 Ngawi mengatakan...

hehehehe,.... lago jobless ya kang.... nyoba aja kang ngelamar jadi guru IT kalau emang mas punya ijazah IT dan Akta IV silahkan nyoba aja insya allah banyak sekolah yang butuh tenaga pengajar IT terutama di kotaku,..... semoga sukses

noershani mengatakan...

Maaf baru mamppir kembali, Urlnya aku taro di BLOGROLL bukan di FAVORITE LINK

Jalani hidup apa adanya mengatakan...

kalo kita berusaha dengan diiringin doa semuanya tidak mungkin kok ,tergantung kesunguhan kita dalam berusaha dan berdoa dan masih percaya ALLAH maha mengabulkan doa ,artikel yang menarik sahabat

بوويل mengatakan...

moga banyak lapangan kerja, dan sedikit yang nganggur.... :-)

genial mengatakan...

lengkap nian penjelasan mengenai lahan pekerjan dan yg menarinya nii akangnya.. hebat... mengenai searcing di google terus nemu banyak page iklan seperti itu emang rada menjengkelkan... tp apa bukannya kita bisa mempelajari sesuatu kang.. knp mrk bisa selalu bertengger di hal pertama gugel dsb dll... huehehee.. saiia sii gag ngerti dee klu mslh2 seo dkk...

masalah ads gugel.. saiia pake punya temen kang.. saiia nya sendiri sii gag punya, itu punya temen yg kebetulan nitip buatin ke saiia, sementara dia kan blognya gag bhsa ingglis... jd kebetulan saiia ada yg bhsa linggis, iia uda dia setuju hasilnya di kompromiin dee... huehehe..

gugel uda gag napsu klu liad nama saiia di daftar mereka barangkali kang makanya saiia gag di ijinin buat punya...

klu emang ttp pingin, knp gag buat di domen pribadi ajja kang.. pasti dpt dee... terus content nya emang harus bhsa linggis kang :( itu ajja sii yg saiia tau...

Munir Ardi mengatakan...

sepertinya inilah masalah yang sekarang menjadi PR buat pemerintah kita btw blognya berat bnaget sobat

h-run mengatakan...

kesian yg pengangguran..

codearm2 mengatakan...

benar banget sobat :D
www.ircdansmkstrada1.blogspot.com

Anonim mengatakan...

Out Now

Book "12 Kiat untuk Keluar dari Pengangguran"
Cek di ekonomiyuan.blogspot.com

Regards,
Yuan acitra