1.06.2010

Mc.Donald


Photobucket
DjarumBlack Blog Competition

Hari ini souvenir from the century yang di usung oleh black in news adalah Mc.Donald, sebuah restaurant waralaba yang mampu merajai pasar internasional.
Sejarah singkat Mc.Donald yang di ambil  dari wikipedia (saya memakai sumber karena tidak mungkinya saya membuat diskripsi sendiri tentang sejarah mc donald tersebut) : Bisnis perusahaan ini dimulai di tahun 1940 dengan dibukanya sebuah restoran oleh Dick dan Mac McDonald, di San Bernardino, California. Mereka memperkenalkan "Speedee Service System" pada tahun 1948, yang kemudian menjadi pinsip dasar restoran siap-saji moderen. Maskot awal McDonald's, yang bernama Speede, adalah seorang pria dengan kepala berbentuk hamburger yang menggunakan topi koki. Speede kemudian digantikan oleh Ronald McDonald di tahun 1963.
McDonald's saat ini tidak menjadikan tahun 1940 sebagai tahun kelahiran restoran McDonald's. Mereka memilih 15 April 1955, ketika Ray Kroc membeli lisensi waralaba McDonald's dari Dick dan Mac di Des Plaines, Illinois, sebagai hari kelahirannya. Kroc kemudian membeli saham dari McDonald's bersaudara dan memimpin perusahaan ini melakukan ekspansi ke seluruh dunia. Saham McDonald's mulai dijual kepada publik tahun 1965.
Sifat agresif yang dimiliki Kroc bertentangan dengan keinginan McDonald bersaudara. Kroc dan McDonald bersaudara bertikai untuk mengontrol bisnis ini, namun akhirnya McDonald bersaudara lah yang pergi meninggalkan perusahaan. Pertikaian ini didokumentasikan baik dalam otobiografi Kroc maupun otobiografi McDonald bersaudara. Situs di mana McDonald bersaudara pertama kali mendirikan restoran kini dijadikan monumen.
Dengan ekspansi agresifnya ke seluruh penjuru dunia, McDonald's dijadikan sebagai simbol globalisasi dan penyebar gaya hidup orang Amerika.
 Strategi pemasaran yang di suguhkan oleh Mc.Donald sangatlah jitu yaitu melihat keinginan pasar serta trend terbaru di masyarakat. Bisa kita lihat bagaimana Mc.donald menarik minat pembelinya untuk berkunjung. Mereka memberikan paket khusus untuk anak-anak berupa mainan yang notabene adalah prototype atau miniature dari tokoh-tokoh film animasi terbaru.



Di samping itu Mc.Donald juga selalu mengikuti perkembangan lifestyle di masyarakat seperti tradisi pesta ulang tahun maupun perayaan-perayaan tertentu dengan cara menyediakan paket yang sesuai dengan tema yang di inginkan. Slogan 14045 pun kini menjadi semacam lifestyle di kalangan kami anak-anak muda yang ingin mendapatklan fast food dengan merk dan sedikit bergengsi (maklum kami kan orang desa hehe)
Dari kecerdasanya dalam memasarkan nama besarnya, maka mc.donald pantas di sebut sebagai salah satu souvenir from the century

26 komentar temen:

Ivan Kavalera mengatakan...

Mc.Donald itu emang profesional banget ya, mas.

Cerita Tugu mengatakan...

Mat pagi, perusahaan ini memang terkenal dimana-mana

Clara mengatakan...

dulu suka MCd sekarang ga suka lagi...XD

eka wijayanti mengatakan...

Iya. Suvenir from the Century.

Fais cWaKep mengatakan...

semangat berjuang sob d ajang ini.
Mc Donald mank trkenal bnget ya..

SeNjA mengatakan...

selamat pagi,....

Mc donald...salah satu restoran cepat saji yg sering kami kunjungi ^_^

Insanitis37 mengatakan...

jadi terkenang selagi muda dulu (cie, gayanya kaya yg udh punya cucu 3 aja,hehe) waktu ikut2an nge-punk(punk gak jelas): Bikot McD...makan McD bukan jadi daging malah jadi utang!!
hehehehehe
biasa mas,memorian.
izin follow y bro..

Kang Sugeng mengatakan...

Satu lagi dit, Mc donald juga pernah menjadi penyumbang dana buat Israel dalam membantai rakyat Palestina.

Lina mengatakan...

wah...jadi ngerti nih. jadi yang ekspansi kemana-mana itu Pak Kroc ya

ninneta mengatakan...

Dit, Mc'Donald dah mau dihilangkan loh dari Indonesia. Beberapa counternya dah diganti jadi TonyJacks. Dan sepertinya di beberapa mcD udah nggak menyediakan coke. Tapi mereka lagi dalam proses penyelesaian sengketa. semoga aja beneran damai jadi tetep ada mcd... aku tak bisa hidup tanpa mcD... huhuhuhuhu

Munir Ardi mengatakan...

Mac donalds belum pernah pergi mas kuper banget ya saya

7 taman langit mengatakan...

salam sejahtera
Mc.donald yah
informasi yang menarik tentang
Mc.Donald
terima kasih

genial mengatakan...

pertamaxxx gag iia kira-kira..?!?!
gmn dengan persaingannya sama 'ka ep si' kang?!?!?!

Johnson Manurung mengatakan...

Salam kenal sobat....
jadi tahu nih sejarahnya McDonald's
Salam ...

enigma mengatakan...

Bro, saya baru tahu soal PHK. Tapi kamu tau tidak, dengan kualifikasi seperti kamu, dengan mudah kamu akan mendapat pekerjaan baru. Yang penting sabar dan tekun. Percaya deh.

anyin mengatakan...

pengen makan es krimnya mcD jadinya hehe

Dees mengatakan...

hallo mas apa kabar?

mc.D sangat pupoler memang sepertinya dimana2 kok ada cabangnya heheheheh tapi harga makanannya cukup mahal untuk ukuran anak kos2an seperti saya (kecuali yang paket 5rbuan atao sekedar es cone) hehheheeh.

Dees mengatakan...

hallo mas apa kabar?

mc.D sangat pupoler memang sepertinya dimana2 kok ada cabangnya heheheheh tapi harga makanannya cukup mahal untuk ukuran anak kos2an seperti saya (kecuali yang paket 5rbuan atao sekedar es cone) hehheheeh.

Dees mengatakan...

hallo mas apa kabar?

mc.D sangat pupoler memang sepertinya dimana2 kok ada cabangnya heheheheh tapi harga makanannya cukup mahal untuk ukuran anak kos2an seperti saya (kecuali yang paket 5rbuan atao sekedar es cone) hehheheeh.

Muhammad Qori mengatakan...

Menurut saya Mcd adalah salah satu produk kapitalis untuk membuat para remaja lebih konsumtif...

Aditya's Blogsphere mengatakan...

@muhamad qori' setuju,memang yg sy ambil bkn hny nominator yg baik2 saja,tp aneka rasa deh,tnggu aja,bhkn korupsi dan kemiskinan akan sy angkat mjd souvenir nominator,@all jgn bosen komen y,kl adit dh dpt krja lg jnj bkln bewe...thanks

mira mengatakan...

McD di pekanbaru udah ga ada lagi. kangen BigMac!! huwa... padahal lebih suka McD daripada teman2 sepermainannya.

Newsoul mengatakan...

Yep, paling tidak keprofesionalan MD ini bisa ditiru sobat. Nice post.

Jimox mengatakan...

hmmmm.... yang baru2 ini ada perseteruan sama salah satu pemegang licensi Mc Donald di indo ya? hehe.. sampai ahirnya gerai milknya ganti nama menjadi Toni Jacks :)
salam kenal ya... :)

ocheholic mengatakan...

Mc D jepang lebih murah daripada indonesia. (kalau dibanding2in sama gaji rata2)

jadi kangen Mc D,,di jepang Mc D -nya pake daging babi,,fufufufufu

corner mengatakan...

ditempatku belon ada tuh yg kaya beginian